Apa Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE

Apa Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE?

Table of Contents

Apa Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE? | Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) dan pipa HDPE (High Density Polyethylene) merupakan dua jenis pipa plastik yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi.

Hubungi kami di 081315006040 untuk mendapatkan harga terbaik dari produk pipa air berkualitas dan bermerek. Anda bisa bernegosiasi langsung di kantor pemasaran kami di Jalan Babatan Indah B5/3, Wiyung, Surabaya.

Apa Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE?

Kami akan menjelaskan tentang pipa PVC dan HDPE dari segi bahan baku, kelebihan, kekurangan, instalasi, hingga harga. Berikut adalah perbedaan antara kedua jenis pipa tersebut:

Bahan Baku

Pipa PVC adalah PVC, sedangkan pipa HDPE adalah HDPE. PVC adalah jenis plastik yang keras dan tahan lama, sedangkan HDPE lebih fleksibel dan memiliki kekuatan tarik yang lebih tinggi.

Kelebihan

Pipa PVC tahan terhadap korosi dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang melibatkan air dan bahan kimia. Pipa HDPE memiliki kekuatan tinggi, tahan terhadap kerusakan fisik dan dapat digunakan untuk aplikasi udara dan cairan bertekanan tinggi.

Kekurangan

Pipa PVC retak dan retak saat terkena tekanan tinggi, sedangkan pipa HDPE sensitif terhadap sinar UV dan bisa rusak jika terkena sinar matahari.

Instalasi

Pipa PVC mudah dipasang karena mudah dibentuk dan dipotong sesuai kebutuhan. Pipa HDPE memerlukan keahlian khusus untuk disambung karena penyambungannya menggunakan cara pemasangan yang berbeda dengan pipa PVC. Pastikan ukurannya sesuai agar pemasangan lebih mudah.

Tersedia ukuran pipa PVC yang dimulai dari 5/8 inch, 1/2 inch, 3/4 inch, 1 inch, 1 1/4 inch, 1 1/2 inch, 2 inch, 2 1/2 inch, 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch, 8 inch, 10 inch, 12 inch, 14 inch, 16 inch, 20 inch, hingga 24 inch.

Sedangkan, ukuran pipa HDPE mulai dari 20 mm, 25 mm, 32 mm, 40 mm, 50 mm, 63 mm, 75 mm, 90 mm, 110 mm, 125 mm, 140 mm, 160 mm, 180 mm, 200 mm, 225 mm, 250 mm, 280 mm, 315 mm, 355 mm, 400 mm, 450 mm, 500 mm, 560 mm, hingga 630 mm.

Harga

Pipa PVC memang lebih murah dibandingkan pipa HDPE, namun biaya pemasangannya bisa lebih tinggi karena membutuhkan bahan tambahan seperti lem dan bahan pemasangan khusus.

Harga pipa di tiap wilayah di Indonesia berbeda-beda. Pemasarannya telah tersebar luas yang meliputi Telukjambe Timur, Bekasi, Karawang Timur, Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Depok, Jakarta, Sidoarjo, Pekanbaru, Sukabumi, Tangerang, Surabaya, Depok, Yogyakarta, Surakarta, Medan, Kota Denpasar, Bogor, Padang, Semarang, Bandung, Palembang, Malang, Bandar Lampung, Makassar, Klaten, Batam, Pontianak, Leuwiliang, Kelapa Nunggal, Rumpin.

Saat memilih jenis pipa yang tepat untuk aplikasi tertentu, penting untuk mempertimbangkan pro, kontra, dan biaya masing-masing jenis.

Apa Perbedaan Pipa Rucika dan Pipa Wavin?

Wavin dan Rucika adalah merek pipa air dengan pengalaman puluhan tahun mengalirkan air ke rumah, kantor, dan banyak bangunan lainnya. Orang Indonesia sekarang mengandalkan salah satu dari dua jenis ini sebagai pipa standar mereka.

Apa Perbedaan Pipa AW dan Pipa D?

Seperti yang telah sebagian orang ketahui, pipa tipe AW merupakan pipa terkuat yang mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm2. Pipa jenis ini cocok digunakan untuk air minum, terutama bagian drainase pipa air dan keran. Pipa tipe D merupakan pipa medium yang mampu menahan tekanan hingga 5 kg/cm2.

Harga pipa hdpe, kekurangan pipa hdpe, perbedaan pipa pvc dan paralon, pipa galvanis, pipa pvc 4 inch, pipa pvc 3 4, sambungan pipa pvc, harga pipa pvc 3 inch, pipa pvc 1 inch, pipa pvc 2 inch, harga pipa pvc 3 4, ukuran pipa pvc, harga pipa hdpe, pipa hdpe Surabaya, spesifikasi pipa hdpe, harga pipa hdpe per roll, pipa hdpe 2 inch, pipa hdpe 6 inch, ukuran pipa hdpe, pipa hdpe 4 inch.

error: Content is protected !!
Scroll to Top